Evrin News

Seputaran Blog Informasi

Mau Menambah Berat Badan Si Kecil? Gunakan Teknik Pijat Ini!

Bagaimana sih cara mengoptimalkan berat badan si Kecil? Psst, selain memberinya nutrisi yang tepat, Ibu dianjurkan untuk melakukan pijat bayi untuk menambah berat badan. Bagaimana tekniknya? Baca terus artikel ini, ya. Tahukah Ibu, berat badan si Kecil yang ideal saat lahir biasanya berada di kisaran 2,7 hingga 4 kilogram. Nah, pada bulan bulan awal setelah kelahirannya, pertumbuhannya akan berlangsung dengan cepat. Beratnya biasanya akan naik sebanyak 0,5 hingga 1 kg dalam sebulan. Menggemaskan sekali ya, Bu. Namun, ada kalanya juga berat badan si Kecil cenderung susah naik. Beberapa faktor penyebabnya, misalnya adanya kesalahan saat menyusui atau pemilihan sufor, bayi sempat sakit, gangguan pencernaan, maupun faktor susah makan saat mulai mengonsumsi Makanan Pendamping ASI (MPASI).

Untuk mengatasinya, Ibu direkomendasikan untuk memperhatikan dan menstimulasi kesehatan saluran pencernaan si Kecil. Salah satunya, adalah dengan melakukan pijat bayi untuk menambah berat badan, yang bisa Ibu lakukan dengan mudah di rumah saja. Sebenarnya, tradisi memijat bayi sudah dipraktikkan selama berabad abad terutama oleh masyarakat di benua Asia. Bahkan, sebuah penelitian yang diterbitkan pada jurnal BMC Public Health (2013) menemukan, rutinitas pijat bayi dengan massage oil dapat meningkatkan berat badan bayi serta menghindarkan mereka dari infeksi bakteri. Ternyata, pijatan di bagian perut bayi dapat menstimulasi saraf vagus mereka. Saraf vagus adalah saraf yang berfungsi untuk menghubungkan otak dengan bagian tubuh yang lain, termasuk perut. Menstimulasi saraf ini dapat meningkatkan fungsi saluran pencernaan dan pergerakan usus. Akibatnya, makanan jadi lebih cepat terserap, dan bayi mudah lapar. Mereka pun akan makan lebih banyak sehingga berat badannya bertambah.

Lebih lanjut, pada 2008, sebuah penelitian yang dilakukan pada 497 bayi prematur yang menerima pijatan setiap hari di sebuah rumah sakit di Bangladesh menemukan adanya penurunan risiko infeksi sebesar 40 persen. Pijatan rutin dengan massage oil ternyata membantu proses terbentuknya microbiome, yakni lapisan bakteri bakteri baik yang berada di kulit dan usus si Kecil. Karena itu, dapat disimpulkan bahwa rutinitas pijat bayi untuk menambah berat badan telah terbukti sangat baik, sekaligus menjaga kesehatan saluran pencernaan si Kecil ya, Bu. Seperti apa sih cara memijat si Kecil agar berat badannya bertambah? Untuk melakukannya, Ibu perlu menstimulasi saraf vagus si Kecil, yang terletak di perut. Nah, ada beberapa gerakan pijat yang bisa Ibu coba di bawah ini.

Setelah melakukan pijat bayi untuk menambah berat badan si Kecil, Ibu juga direkomendasikan untuk memijat bagian tubuh si Kecil yang lain, misalnya dada, tangan, kaki, perut, punggung dan kepala. Untuk selengkapnya, Ibu bisa membaca panduannya untuk bayi berusia 6 minggu ke atas, dan untuk bayi berusia 6 bulan ke atas ya, Bu. Pada saat melakukan pijat bayi untuk menambah berat badan, Ibu juga direkomendasikan untuk menggunakan massage oil atau minyak pijat yang diformulasikan khusus untuk bayi. Kenapa? Selain memudahkan Ibu untuk memijat si Kecil, penggunaan massage oil juga bermanfaat untuk kesehatan kulit si Kecil, lho. Jenis minyak yang direkomendasikan adalah mineral oil, karena dapat melembapkan kulit si Kecil, dan melindungi kulit bayi dari ruam popok. Selain itu, sebuah penelitian pada 497 bayi prematur di Bangladesh di tahun 2008 menemukan, bahwa penggunaan massage oil dapat meningkatkan fungsi skin barrier (lapisan kulit terluar) si Kecil.

Yuk Bu, gunakan yang terbuat dari mineral oil murni, teruji klinis lembut untuk kulit bayi, menjaga kelembapan kulit bayi, ideal untuk pijat bayi dan dapat membantu stimulasi tumbuh kembang si Kecil. Agar hasil pijat optimal dan si Kecil nyaman, yuk Bu perhatikan hal hal berikut ini saat hendak melakukan pijat bayi agar meningkatkan nafsu makan: Nah, tentu saja selain melakukan rutinitas pijat, Ibu tetap disarankan untuk selalu memperhatikan asupan nutrisi dan menjaga kesehatan pencernaannya ya, Bu. Jika berat badan si Kecil tetap belum bertambah, Ibu sebaiknya berkonsultasi dengan dokter anak untuk mendapatkan diagnosa dan penanganan yang tepat. Selamat memijat si Kecil ya, Bu!

Sources: Artikel ini merupakan bagian dari KG Media. Ruang aktualisasi diri perempuan untuk mencapai mimpinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.