Evrin News

Seputaran Blog Informasi

Mengenal Sorgum: Pengganti Gandum yang Akan Jadi Bahan Dasar Mi Instan

Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo mengatakan, harga mie instan akan mengalami kenaikan sebesar 3 kali lipat. "Belum selesai dengan climate change, kita dihadapkan Perang Ukraina Rusia, di mana ada 180 juta ton gandum ngga bisa keluar, jadi hati hati yang makan mi banyak dari gandum, besok harganya (naik) 3 kali lipat," ujar Syahrul melalui kanal YouTube Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Senin (8/8/22). Sementara itu, Direktur PT Indofood Sukses Makmur Tbk (INDF) Fransiscus Welirang menyatakan perusahaannya siap untuk mengembangkan mie instant berbahan dasar sorgum untuk menggantikan gandum yang diimpor dari luar negeri.

"Kita dengan Pak Mentan SYL memperbincangkan banyak hal, tapi intinya bagaimana kita saat ini bisa mengembangkan bahan baku lokal seperti sorgum. Jadi, nanti ada program pengembangan tanaman sorgum bersama sama," kata Fransiscus dikutip dari Kompas.com , Minggu (14/8/2022). Mengutip laman pertanian.go.id , sorgum adalah tanaman yang bijinya memiliki bentuk seperti jagung, tetapi cenderung lebih kecil. Sebagai makanan, sorgum bisa diolah menjadi sereal, bubur, tepung, roti, kue, dan sirup.

Ada orang yang memilih sorgum sebagai makanan pokok untuk diet karena serat yang tinggi dan memiliki tambahan berupa nutrisi yang tidak terdapat pada sumber karbohidrat biasa. Komposisi gizi yang terkandung dalam 100 gram sorgum: Energi: 336 Kalori (Kal)

Protein: 11 g Karbohidrat: 73 g Lemak: 3.3 g

Serat: 1.2 g Vitamin B1 (tiamin): 0.09 mg Vitamin B2 (riboflavin): 0.14 mg

Niasin: 2.8 mg Besi: 4.4 mg Fosfor: 287 mg

Kalium: 249 mg 1. Memiliki struktur kompleks seperti pati, serat, asam fenolat dan antioksidan 2. Mengandung kalori bebas gluten

3. Mengandung serat yang tinggi 4. Mengandung zat lipid yakni policosanol yang dapat menghambat sistesis kolesterol berlebih dalam tubuh 5. Mengandung antioksidan, seperti asam fenolat dan tanin yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker

6. Komponen polifenol (asam fenolat) sebagai agen anti inflamasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.