Evrin News

Seputaran Blog Informasi

7 Makanan Pembersih Usus Kotor, BAB Dijamin Lancar!

7 Makanan Pembersih Usus Kotor, BAB Dijamin Lancar!

Secara medis, usus besar yang kotor dapat menyebabkan berbagai permasalahan dalam kesehatan. Anda perlu mengkonsumsi makanan pembersih usus kotor untuk mengurangi efek buruk tersebut.

Pasalnya, pada kondisi infeksi yang parah akibat tumpukan kotoran di usus, dokter bisa saja melakukan tindakan operasi untuk mengatasi kondisi tersebut. Dalam kasus tersebut, asuransi kesehatan rawat jalan juga dapat membantu perawatan medis terkait masalah kesehatan yang Anda alami.

7 Makanan Pembersih Usus Kotor, BAB Dijamin Lancar!

Pixabay

7 Makanan Pembersih Usus Kotor yang Bisa Dicoba

Seperti yang telah disebutkan tadi, tindakan pencegahan infeksi akibat usus kotor bisa Anda lakukan secara alami. Berikut ini adalah daftar dan ulasan tujuh jenis makanan dan minuman untuk membantu Anda membersihkan usus kotor yang dilansir situs Enesis, situs Halodoc, dan situs CNN Indonesia.

1. Apel

Apel merupakan buah yang terkenal memiliki banyak kandungan pektin di dalamnya. Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), pektin merupakan zat bermolekul berat yang terdapat dalam buah yang matang.

Zat ini merupakan serat yang mudah terpecah oleh bakteri baik dalam usus. Mengkonsumsi makanan dengan kandungan pektin akan membuat tinja atau kotoran menjadi lebih lunak. Hasilnya, resiko infeksi akibat sembelit menjadi lebih rendah.

2. Teh Herbal

Secara turun-temurun penggunaan teh herbal untuk membersihkan usus kotor telah dilakukan sejak dulu. Orang zaman dahulu percaya mengkonsumsi teh herbal setelah makan akan membantu melancarkan pencernaan.

Salah satu jenis teh herbal yang dapat membantu membersihkan usus kotor adalah teh kombucha, yang merupakan hasil fermentasi dari bakteri, gula, dan ragi. Proses fermentasi kombucha menghasilkan kandungan probiotik tinggi dan baik bagi kesehatan usus.

3. Biji-bijian

Contoh lain makanan pembersih usus kotor adalah biji-bijian. Biji-bijian merupakan makanan yang baik untuk menjaga kesehatan usus. Kandungan serat serta nutrisi dalam biji-bijian jauh lebih baik daripada produk karbohidrat olahan, seperti roti dan pasta.

Tidak hanya serat, dalam biji-bijian juga terdapat pati resisten yang sangat berguna untuk menjaga kesehatan usus besar. Pati resisten adalah salah satu bahan yang membantu tubuh memproduksi butirat. Butirat inilah yang dapat membantu menjaga keseimbangan bakteri baik dalam usus.

4. Sayuran Hijau

Sayuran berdaun hijau terkenal sebagai sumber serat terbaik. Tidak hanya serat, sayuran hijau juga mengandung berbagai macam vitamin dan nutrisi yang baik untuk tubuh, terutama usus besar.

Kandungan klorofil dalam sayuran hijau dapat membantu mengurangi pertumbuhan bakteri jahat dan dapat meningkatkan proses penyembuhan lapisan lendir dalam usus besar. Kondisi semacam ini tentunya dapat membantu usus besar dan menjaganya dari berbagai zat yang menyebabkan infeksi dan iritasi.

5. Pepaya

Pepaya merupakan buah dengan kandungan papain terbaik. Enzim papain dalam pepaya terbukti dapat membantu usus memecah protein dengan lebih baik. Papain dalam pepaya akan membuat usus besar bekerja secara efektif dalam menyerap kandungan protein dalam makanan.

Kondisi inilah yang dapat membuat seseorang terhindar dari berbagai sindrom penyebab iritasi pada usus, seperti sembelit dan diare.

6. Yogurt

Yogurt merupakan produk olahan yang baik untuk menjaga kesehatan usus. Kandungan probiotik dalam yogurt mampu membantu Anda membersihkan usus yang kotor.

7. Oatmeal

Makanan pembersih usus kotor yang terakhir adalah oatmeal. Oatmeal merupakan makanan kaya serat yang terbukti mampu meredakan gejala sembelit. Mencampur oatmeal dengan buah dan susu bisa Anda lakukan untuk mendapat cita rasa yang enak.

Mengkonsumsi oatmeal dapat membantu bakteri baik dalam usus besar berkembang dengan baik, sehingga usus tidak menjadi kotor dan terhindar dari infeksi.

Apa Pentingnya Menjaga Kesehatan Usus Sejak Dini?

Nah itulah tadi tujuh makanan pembersih usus kotor yang bisa Anda konsumsi mulai sekarang. Menjaga kesehatan usus lewat kebersihannya dari tumpukan sisa makanan merupakan salah satu upaya yang penting untuk menjaga fungsi pencernaan dan kestabilan kesehatan tubuh secara umum.

Selain mengkonsumsi berbagai makanan yang menyehatkan, Anda juga bisa mulai mendaftarkan diri pada asuransi kesehatan. Asuransi rawat jalan yang FWD Insurance tawarkan bisa menjadi salah satu solusi yang bisa Anda pilih.

Asuransi ini merupakan salah satu investasi kesehatan dengan banyak kelebihan. Tidak hanya prosesnya yang mudah dan cepat, akan tetapi FWD Insurance juga telah bekerja sama dengan ribuan rumah sakit di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *